Kamis, 07 Juli 2011

Mau Tau Arti Johan Mantap Mentong...??

Bagi anda yang mengenal saya, khususnya yang bukan orang sulawesi, mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa saya selalu menyebut kata "mantap mentong". Apalagi ketika melihat nama profil FB saya, di sana sangat jelas sekali bahwa nama saya Johan Mantap Mentong yang tentunya bukan nama asli saya. Apa sih maksudnya..??

Baiklah, saya akan memberikan sedikit ulasan tentang nama saya, begini sejarahnya...

Dulu, ketika saya masih duduk di bangku SMA, saya sering main "orari" atau "rojer" atau "kontek-kontek", begitulah saya menyebutnya. Ya, semacam alat komunikasi yang cukup canggih pada tahun 90-an
awal. Kebetulah pada saat itu, ayah saya punya satu unit HandyTalk lengkap dengan antena panjang yang bisa dipakai untuk jarak jauh.

Singkat cerita, karena saking serunya, hampir tiap malam saya kontek-kontekan sama orang lain yang belum saya kenal. Hingga suatu ketika ibu saya mengatakan kepada saya, kalo memperkenalkan diri jangan pakai nama asli dan alamat yang asli. Katanya sih, nanti akan dicari betul sama orang yang kita ajak ngobrol, kemudian diajak untuk yang aneh-aneh. Karena percaya saja, akhirnya saya memikirkan nama yang akan saya gunakan untuk berkenalan. Namun, sebenarnya saya juga punya prinsip untuk tidak berbohong sama orang lain, akhirnya muncullah nama JOHAN yang artinya Jodoh di tangan Tuhan hehehe :-) (maaf becanda), maksud saya Johan itu adalah singkatan dari nama panjang saya secara keseluruhan. Akhirnya karena terlalu sering memakai nama Johan saat berkenalan dengan orang lain di orari, nama itu terus kebawa sampai pergi kuliah di Malang. Jadilah saya Johan untuk wilayah Malang dan sekitarnya. Itulah sebabnya, kebanyakan orang-orang di Malang lebih kenal nama Johan dibanding nama asli saya.

Soal Mantap Mentong, naahh itu kisahnya lain lagi. Dia punya sejarah sendiri.

Pada bulan Juni 2009, saya mengikuti sebuah pelatihan pengembangan potensi diri, motivasi dan outbound yang diadakan oleh PT. Trustco Cipta Madani Malang yang sekarang berubah menjadi PT. Inspiera Sinergi Indonesia. Namanya AMAZING CAMP edisi Reguler Mahasiswa. Dalam satu sesi dalam pelatihan tersebut, peserta mendapatkan sebuah materi tentang mengelola pikiran dan mendesain sebuah peta kehidupan. Judulnya adalah Mastering Your Mind, Design Your Destiny. Salah satu teknik self motivation yang dijelaskan dalam materi tersebut adalah tentang incantation atau mantra. Mantra disini tentunya bukan mantra-mantra seperti di televisi yang digunakan untuk menyantet orang. Mantra disini lebih dimaknakan seperti kata-kata positif yang simpel, unik, mudah diingat dan dapat menjadi pengingat seketika di saat sedang merasa lemah semangat. Sebab, cara menggunakan "mantra" tersebut adalah dengan mengucapkannya berkali-kali atau "melekatkan" di belakang nama kita. Maksudnya  agar kata-kata positif itu benar-benar masuk ke pikiran bawah sadar kita lalu  muncul dalam bentuk perubahan sikap yang signifikan. Karena setiap orang orang bebas mencari "mantra" atau sifat yang diinginkan, maka seluruh peserta bebas mencari kata-kata itu untuk "disematkan" pada dirinya sendiri. Pada waktu itu saya berpikir tentang kata-kata sugestif, pendek, unik, mudah diingat, dan dapat mempengaruhi pola dan sikap saya. Akhirnya muncullah kata Mantap Mentong itu yang berarti "memang benar-benar mantap" atau "mantapnya diakui oleh banyak orang" karena saya memang ingin melakukan berbagai hal dalam pekerjaan, pendidikan, dan sosial dengan sungguh-sungguh dan sebaik mungkin agar orang lain dapat merasakan manfaat dari keberadaan saya. Nah, akhirnya pada saat itulah muncul nama Johan Mantap Mentong yang secara keseluruhan berarti : Johan yang benar-benar mantap dalam melakukan pekerjaan apapun.

Karena saking uniknya (bagi orang-orang jawa), kata mantap mentong  akhirnya menjadi suatu hal yang lucu, unik, aneh, dan itu adalah saya. Terkadang saya dipanggil Mantap Mentong, atau Mentong saja, bahkan ada yang lebih sadis memanggil saya dengan nama Tong. Bagi yang belum ngeh biasanya menghubung-hubungkan dengan nama buah, yaitu durian montong. Tapi jika di Sulawesi, setiap mendengar kata Mantap Mentong, maka insya allah semua orang akan mengerti.

Demikian, dan Mantap Mentong.!

1 komentar: